Usir Jerawat dengan Pil KB?

Mempunyai jerawat membuat sebagian orang menjadi kurang percaya diri, jerawat dapat ditimbulkan dari beberapa hal, salah satunya adalah kurangnya perawatan kulit, lantas apa hubungannya jerawat dengan Pil KB? yuk kita cari tahu.

Penyebab akne atau jerawat memang multifaktor. Bisa karena kulit tidak dijaga kebersihannya, pengunaan kosmetik yang tidak cocok, bisa juga bersifat hormonal.

Salah satu gejala hiperandrogen yang nyata pada wanita adalah kulit berminyak dan timbul jerawat yang cukup sulit diatasi. Ini karena efek androgen antara lain memengaruhi aktivitas kelenjar minyak (sebasea), sehingga meningkatkan produksi minyak di kulit.

Menurut Dr. Frizar Irmansyah, Sp.OG(K), para pasien dengan keluhan jerawat cenderung memiliki tingkat serum androgen yang normal. Dan sebagian pasien kemungkinan kelenjar sebaseanya hiperesponsif terhadap androgen.
Penggunaan pil KB yang mengandung CPA (Ciproteron acetate) ternyata tidak hanya efektif mencegah kehamilan, tetapi juga akan mempercantik penggunanya karena kulit menjadi lebih indah, bebas minyak dan jerawat.

Pil KB dengan CPA ini bekerja mengatur hormon androgen dengan cara memblok efek androgen mencegah timbulnya jerawat baru dan bintik hitam. CPA secara kompetitif mengikat reseptor androgen, sehingga menurunkan kadar androgen bebas, mengurangi produksi minyak, serta mencegah timbulnya masalah di kulit.

Dari sebuah penelitian tampak efektivitas penggunaan pil KB dengan CPA dalam mengatasi jerawat. Pada bulan ke-6 pemakaian misalnya, jerawat di wajah dapat diatasi sebanyak 72,3 persen dan jerawat di daerah dada berkurang hingga 72,8 persen, sementara kulit berminyak bisa diperbaiki hingga 73,4 persen. Pada pemakaian hingga siklus ke-36 bahkan keluhan jerawat dan kulit berminyak itu bisa teratasi 100 persen.

Pada penelitian lain yang melibatkan 159 wanita muda yang menggunakan pil KB dengan CPA selama tiga bulan diperoleh hasil, 93 persen responden mengaku sangat puas karena masalah jerawat dapat teratasi. Dan karena itu pula sebanyak 87 persen responden mengaku kualitas hidupnya jadi meningkat.

Referensi : http://sehatnews.com/info-obat-suplemen/9045-Usir-Jerawat-dengan-Pil.html Artikel Lainnya :