Wanita Perokok Lebih Cepat Menopause

Wanita Perokok Lebih Cepat Menopause, sebuah penelitian mencatat bahwa wanita yang merokok akan mengalami menopause setahun lebih awal dari wanita yang tidak merokok serta dapat mempengaruhi risiko terkena penyakit tulang dan jantung.

Penelitian, yang dilakukan di Menopause jurnal, mengumpulkan data dari beberapa penelitian sebelumnya yang mencakup sekitar 6.000 wanita di Amerika Serikat, Polandia, Turki dan Iran.

Non-perokok mengalami menopause antara usia 46 dan 51 dan perokok lebih awal mengalami menopause, antara 43 dan 50 secara keseluruhan.

Selama menopause, ovarium seorang wanita berhenti memproduksi telur dan dia tidak dapat lagi hamil.

Seperti yang ditulis Volodymyr Dvornyk, dari University of Hong Kong, "Hasil penelitian kami memberikan bukti lebih lanjut bahwa merokok secara signifikan berhubungan dengan awal (usia menopause) dan memberikan pembenaran lagi bagi perempuan untuk menghindari kebiasaan ini,"

Baik awal dan akhir menopause telah dikaitkan dengan risiko kesehatan. Wanita yang mengalami menopause terlambat, misalnya, dianggap berisiko tinggi kanker payudara karena salah satu faktor risiko untuk penyakit ini lebih banyak waktu terkena estrogen.

"Konsensus umum adalah bahwa menopause dini mungkin terkait dengan jumlah yang lebih besar dan risiko yang lebih tinggi dari masalah kesehatan menopause, seperti osteoporosis, penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, obesitas, penyakit Alzheimer, dan lain-lain," kata Dvornyk Reuters Health.

Secara keseluruhan, ia menambahkan, menopause dini juga diduga sedikit meningkatkan resiko kematian seorang wanita di tahun berikutnya.

Referensi : www.msnbc.msn.com Artikel Lainnya :